Kunjungan Duta Desa Digital Kementrian Desa PDTT ke Desa Handapherang

Ditulis oleh Eli
Sekretaris

Pada tanggal 21 Desember 2023, Desa Handapherang menerima kunjungan istimewa dari Duta Desa Digital Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT). Kunjungan ini menjadi momentum penting yang mengukuhkan status Desa Handapherang sebagai pionir dalam digitalisasi desa dengan standar tinggi di Indonesia.

Dalam kunjungannya, para Duta Desa Digital Kementrian Desa terkesan dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya Desa Handapherang dalam menerapkan sistem dan alat-alat digitalisasi yang belum banyak dimiliki oleh desa-desa lain di tanah air. Desa Handapherang dianggap sebagai teladan dalam mengintegrasikan teknologi untuk memajukan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakatnya.

Salah satu aspek yang menarik perhatian para duta adalah keberhasilan Desa Handapherang dalam mengadopsi teknologi canggih yang mempermudah proses administrasi dan meningkatkan efisiensi pelayanan. Sistem yang diterapkan di Desa Handapherang tidak hanya mencakup administrasi pemerintahan, tetapi juga mencakup sektor-sektor penting seperti  pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, perpajakan dan sengelolaan sampah.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan dari Desa Handapherang berbagi pengalaman seputar perjalanan mereka dalam menghadapi berbagai tantangan dan kendala selama proses digitalisasi desa. Mereka memaparkan langkah-langkah yang diambil, strategi yang diterapkan, dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat setempat. Keberhasilan Desa Handapherang ini menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk mengikuti jejak mereka.

Duta Desa Digital Kementrian Desa PDTT menyatakan dukungan penuh terhadap inisiatif Desa Handapherang dan mengajak desa-desa lain untuk mengadopsi praktik terbaik yang telah diterapkan. Mereka menekankan pentingnya transformasi digital dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan, mempercepat pembangunan, dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Para duta memberikan komitmen untuk mendukung desa-desa lain dalam memahami, mengimplementasikan, dan memanfaatkan teknologi digital secara optimal. Mereka berharap bahwa kunjungan ini dapat menjadi awal dari kolaborasi erat antara pemerintah dan masyarakat desa dalam mewujudkan desa-desa digital yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Sebagai upaya nyata untuk mendukung hal tersebut, Kementrian Desa PDTT berencana untuk menyelenggarakan mobilisasi dan pelatihan bagi para pemangku kepentingan di desa-desa, guna meningkatkan pemahaman mereka tentang manfaat digitalisasi dan cara mengimplementasikannya secara efektif.

Kunjungan ini tidak hanya memperkuat posisi Desa Handapherang sebagai pionir digitalisasi desa, tetapi juga membuka peluang baru bagi perkembangan desa-desa di seluruh Indonesia. Semakin banyak desa yang mengadopsi praktik terbaik ini, semakin besar potensi negara dalam mencapai kemajuan pembangunan yang merata dan berkelanjutan. Desa-desa digital di Indonesia, yang didorong oleh semangat inovasi dan kerja sama, dapat menjadi kekuatan utama dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju dan berdaya saing tinggi di era digital.

Dipublikasi pada
Kamis, 21 Desember 2023 12:17 WIB
Bagikan Ke Media Sosial
Eli
TENTANG PENULIS

Eli

Sekretaris Desa Handapherang. Lebih dari 23 tahun mengabdi menjadi bagian dari Pemerintahan Desa. Eli menjadi pencetus dan pegiat Digitalisasi Desa Handapherang di semua aspek sejak 2020.

Komentar Masyarakat

Silakan berkomentar dengan sopan dan santun:

Berita Lainnya
Lihat Semua

Jumat Curhat bersama Polres Ciamis

Informasi Umum

Bimtek kelompok Tani “Sugih Mukti” Dusun Guha

Informasi Umum

Desa Handapherang menerima penghargaan “RAKSA PRASADA”

Prestasi Desa

Kunjungan Belajar Siswa RA Miftahussalam

Informasi Umum

Munaqosah Tahfidz Al-Qur’an Reward Bintang Emas Tahun 2022 Desa Handapherang

Informasi Umum
Lihat Lebih Banyak

Lebih suka menggunakan aplikasi web saja?

Dengan aplikasi web anda tidak harus menginstall apapun di ponsel anda, cukup di akses melalui browser saja.

MasukDaftar

Kami Siap Membantu

Desa Handapherang memiliki aparatur desa yang Profesional dan Berdedikasi tinggi dalam melayani masyarakat.